Resensi Buku Kuliah Tauhid Karya Bang Imad

label
label




Buku Kuliah Subuh Karya Bang Imad
Buku Kuliah Subuh Karya Bang Imad


Muhammad Imaduddin Abdulrahim atau yang biasa dikenal dengan Bang Imad. Beliau lahir di Tanjung Pura, Langkat, pada 21 April 1931. Bang Imad merupakan salah satu penggagas ICMI, penggagas Bank Muamalat Indonesia, pendiri Masjid Salman ITB dan sesepuh Departemen Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung. Namanya populer melalui kuliah tauhidnya di Kampus ITB. Pihak Salman berinisiatif merekam dan membukukan Kuliah Subuh Bang Imad pada Ramadan 1397H/1977 di Masjid Salman ITB. Isi Kuliah Subuh ini seputar Ilmu Tauhid, Definisi Tuhan, Kepercayaan kepada Tuhan dan mentauhidkan Tuhan, Tauhid dan Kemerdekaan, Tauhid dan Ikhlas, Tauhid dan Konsekuensinya.
Dalam buku ini dibahas definisi Tuhan secara jelas. Selain itu, dibahas beberapa kesalahan-kesalahan yang umumnya dilakukan oleh sebagian orang dalam memahami ilmu tauhid. Bang Imad memang terkenal dengan kritikannya terhadap sesuatu hal yang dirasanya belum sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits. Selain itu Bang Imad juga dikenal sebagai tokoh yang keras karena kritikannya tersebut. Dalam penulisannya di buku ini, Bang Imad memberikan pandangan ilmu tauhid dengan cara memberikan analogi-analogi untuk mempermudah pemahaman pembaca.
Permasalahan yang dibahas dalam buku ini juga masih secara umum. Jadi sangat cocok untuk semua kalangan terutama yang berkaitan dengan ajaran tauhid. Sehingga para pembaca buku ini dapat terbuka pikirannya dan dapat memberikan pengetahuan lebih mengenai tauhid dan diharapkan dapat menyebarkannya kepada lingkungan sekitarnya.
Dalam buku ini selain diberikan analogi-analogi dalam pemecahan masalahnya juga disertai dalil-dalil yang berasal dari Al-Qur’an ataupun hadits-hadits shaheh yang berkorelasi dengan permasalahan tersebut. Selain itu, penulis dalam menjabarkan masalahnya juga tidak terlalu panjang sehingga tidak memakan waktu yang cukup banyak untuk membacanya. Selain itu dengan menyertakan dalil-dalil dalam pembahasan masalah dapat menambah wawasan pembaca, dan pembaca juga dapat langsung melakukan pengecekan terhadap kandungan dalil-dalil yang diberikan oleh penulis.
Cara penulisan yang sederhana dan mudah dimengerti terutama oleh anak muda dapat menambah kesan positif terhadap buku ini apalagi ditambah dengan topik pembahasan yang menarik yang membuat buku ini sangat cocok unntuk dibaca oleh anak muda dizaman sekarang ini. Akan tetapi masih terdapat sedikit kekurangan dalam buku ini, yaitu masalah beberapa penggunaan kata yang belum sesuai dengan EYD dan sedikit kesalahan dalam penulisan.


Secara keseluruhan buku ini bagus, baik dari topik yang dibawakan dan juga bahasa yang digunakan sederhana. Sehingga mudah dipahami oleh seluruh kalangan masyarakat. Tujuan penulis untuk menyampaikan gagasan-gagasannya dalam buku ini tersampaikan dengan baik. Selain itu juga disertai dengan analogi-analogi yang relevan dengan topik bahasan.
Share This :

Perkenalkan saya Wahyu Eko Nugroho. Biasa dipanggil Wahyu. Disini saya adalah pemilik dari blog Wahyu-San. Semoga blog ini kedepannya dapat bermanfaat bagi kita semua. Tetap selalu semangat.

Related Post

avatar

Bang Imad dapat menjadi contoh bagi kita semua, selain terkenal di dunia wi, tapi dia juga memiliki iman dan taqwa kepada Allah SWT

delete July 11, 2017 at 9:15 AM
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya gan. Iya ini gan bisa jadi inspirasi juga hihi

delete July 11, 2017 at 11:45 AM



sentiment_satisfied Emoticon